Sunday, October 16, 2016

Review: My First Qur'an Story [1]

my first quran story

Detail Buku
Judul: My First Qur'an Story
Penulis: Tasaro GK
Penyunting: Yadi Saeful Hidayat
Ilustrator: Rizqia Sadida
Penerbit: Mizania Kids
Cetakan: I, Mei 2016
Tebal: 312 halaman
ISBN: 978-602-418-025-6
Harga: Rp 199.000

Review 
Sejak mengandung Jav, saya memang mulai berburu buku cerita anak Islami, termasuk diantaranya buku yang memuat tentang kisah nabi dan rasul. Tentu saja karena saya ingin mengenalkan kisah-kisah Al-Quran pada Jav sejak usianya masih dini. Kenapa harus memiliki bukunya? Kenapa saya enggak langsung mendongeng saja? Itu karena saya suka mati gaya kalau mendongeng. Yup, saya sudah mencobanya beberapa kali pada Jav, dan... garing. 

Beruntung, saya sudah menemukan buku tersebut. Saya tinggal membacakan saja ceritanya dan Jav bisa mendengarkan sambil menikmati ilustrasinya. Tapi sebenarnya saya masih kurang puas sih. Karena buku yang pertama ilustrasinya kurang oke, cara penulisannya pun berantakan, sehingga saya harus banyak melakukan improvisasi. Adapun buku yang kedua, ilustrasinya oke, cara penulisannya rapi, tapi tulisannya panjang-panjang. Kalau yang ini saya simpan dulu untuk Jav kalau usianya sudah agak besar dan bisa membaca sendiri.

Hingga akhirnya saya menemukan buku ini, My First Qur'an Story yang ditulis oleh Tasaro GK dan diterbitkan oleh Mizania Kids--penerbit buku-buku untuk anak Muslim. Melihatnya secara sepintas saja, saya langsung suka. Pertama, dari nama penerbit dan penulisnya, insya Allah berkualitas ya. Kedua, dari sampulnya, berupa hard cover dengan ilustrasi yang cantik. 

Begini isinya....

my first quran story

Setiap musim semi di sebuah kerajaan binatang di tengah hutan belantara bernama Kerajaan Rimba Raya, seluruh rakyatnya berkumpul di alun-alun kerajaan. Secara bergiliran, binatang-binatang tersebut menceritakan kisah istimewa yang pernah mereka alami. 

my first quran story

Cerita pertama dituturkan oleh seekor gagak yang pintar. Nenek moyangnya, pernah menjadi saksi kehidupan Nabi Adam A.S. Setelah diusir dari surga, Nabi Adam A.S. dan Hawa tinggal di bumi. Kemudian mereka memiliki dua anak kembar. Yang pertama Qabil dan Iqlima, adapun yang kedua Habil dan Layutsa. Sejak kecil hingga dewasa, Qabil selalu mengganggu Habil. Ketika Qabil menyakiti Habil hingga meninggal, dia belajar cara mengubur jasad saudaranya dari burung gagak.

my first quran story

Cerita selanjutnya dituturkan oleh seekor unta. Pada zaman Nabi Shaleh A.S., kaum Tsamud menolak ajakannya untuk menyembah Allah. Maka Allah memberi mukjizat kepada Nabi Shaleh A.S. dengan mengeluarkan seekor unta betina dari pecahan gunung. Nabi Shaleh A.S. meminta kaum Tsamud untuk tidak mengganggu unta tersebut, namun pemimpin kaum Tsamud malah membunuhnya. Akhirnya Allah menghukum kaum Tsamud dengan bencana gempa.

Ada pula burung merpati yang bercerita tentang kisah Nabi Ibrahim A.S., serigala yang bercerita tentang kisah Nabi Yusuf A.S., domba yang bercerita tentang kisah Nabi Ismail A.S., paus yang bercerita tentang kisah Nabi Yunus A.S., dan lain-lain. Sudut pandang yang digunakan pada buku ini memang unik. Terdapat lima belas kisah dalam Al-Quran yang dituturkan oleh lima belas binatang yang hidup pada zaman nabi-nabi. Termasuk Nabi Uzair A.S. dan Nabi Khidir A.S., turut diceritakan juga.

Setiap kisahnya memiliki judul yang menarik, nama binatang dan sifat khasnya disandingkan dengan nama nabi yang dikisahkannya. Seperti Paus Wangi dan Nabi Yusuf A.S., Semut Beriman dan Nabi Sulaiman A.S., Ikan Misterius dan Nabi Khidir A.S. Di bawah judulnya dilengkapi dengan ayat Al-Quran yang menjadi referensi cerita. 

my first quran story

Gaya bahasanya pun sederhana sehingga mudah untuk dicerna anak-anak. Serta didukung dengan tipe huruf dan ilustrasi yang penuh warna dan memanjakan mata. 

Rating
Empat dari lima bintang. Sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang ingin mengenalkan dan mendekatkan anak atau keponakannya pada kisah nabi-nabi dengan cara yang menyenangkan ;)

Selanjutnya, Review: My First Qur'an Story [2]

20 comments:

  1. Pas ke rumah buku sempet ngelirik, tp harganya lumayan ya mb hoho.. semangat nabung

    ReplyDelete
  2. Jadi ga sabar pengen cepet dateng bukunya. Aku baru beli hehe

    ReplyDelete
  3. ini cara keren untuk menanamkan kisah-kisah nabi kepada anak-anak.. jangan sampe generasi masa depan lebih hafal tokoh marvel ketimbang nama-nama nabi dan kisahnya.. nice post mbak, aku jadi pengen beli buku ini buat ponakan.. :)

    ReplyDelete
  4. wah aku pengen beli lagi dongeng dong.. fabel Al quran hanina dah punya 6 biji terbitan apa gitu.. isi nya samaan sm yg ini.. ada rekom lain ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm apa ya, ntar klo nemu yg bagus lg saya buat reviewnya ya ;)

      Delete
  5. suka deh buku sama ilustrasinya :) cocok banget untuk anak-anak

    ReplyDelete
  6. dengan ada gambar bikin anak akan suka dan mau membaca atau mendengarkan ceritanya ya

    ReplyDelete
  7. wah bukunya anaknya bagus juga *bookmark dulu*

    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  8. bagus ya bukunya biar anak juga mengenal Nabi mereka :) huhu jd inget blog buku yg berdebu

    ReplyDelete
  9. Sudut pandangnya dari binatang-binatang yang berhubungan dengan para nabi ya Mbak. Unik dan kreatif juga ya penulisnya.

    ReplyDelete
  10. Buku yang keren memang ini Mbak, saya beli waktu PO ke Mas Tasaro, dapat kaos anak hehe

    Saya niati memang untuk adik saya, alhamdulillah, hampir tiap malam Ummi bacakan buku ini karena adik saya minta dibacakan.

    Resensinya keren Mbak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih tersanjung dibilang keren sama jagonya resensi buku :D

      Delete
  11. Waktu anak-anak masih kecil, saya suka beli buku kayak begini. Anak-anak senang bacanya :)

    ReplyDelete