Friday, October 21, 2016

Review: My First Qur'an Story [2]

my first quran story
Detail Buku
Judul: My First Qur'an Story
Penulis: Tasaro GK
Penyunting: Yadi Saeful Hidayat
Ilustrator: Rizqia Sadida
Penerbit: Mizania Kids
Cetakan: I, Mei 2016
Tebal: 312 halaman
ISBN: 978-602-418-025-6
Harga: Rp 199.000

Review 

Jadi sebetulnya, sebelum mempunyai buku ini, saya sudah mempunyai buku yang sama namun dalam versi yang berbeda. Penulisnya sama, Tasaro GK. Penerbitnya juga sama, Mizania Kids. Terus apa dong bedanya? Hihihi.... Enggak usah bingung, saya jelaskan ya. Selain perubahan judul buku dari Seri Kisah Al-Quran Pertamaku menjadi My First Qur'an Story, berikut perbedaan lainnya.

Pertama, isinya. Dalam buku versi lama cetakan tahun 2013 ini, satu buku hanya berisi satu cerita. Saya kurang tahu nih, Seri Kisah Al-Quran Pertamaku ini terdiri dari berapa jilid. Saya sih baru mempunyai empat judul, yaitu Gagak Pintar dan Nabi Adam A.S., Unta Tabah dan Nabi Shaleh A.S., Merpati Romantis dan Nabi Ibrahim A.S., serta Serigala Malang dan Nabi Yusuf A.S. Adapun pada buku versi baru, satu buku berjudul My First Qur'an Story terdiri dari lima belas cerita. Meskipun konsekuensinya buku menjadi lebih berat, namun jadi lebih praktis juga. 

Kedua, ukurannya. Buku Seri Kisah Al-Quran Pertamaku versi lama memakai kertas ukuran B5. Sedangkan buku My First Qur'an Story versi baru ini disusun pada kertas berukuran A4. Jadi lebih mantap ya karena memberi ruang yang lebih besar bagi ilustrasi pendukungnya. 

Ketiga, jenis kertasnya. Meskipun sama-sama dikemas dengan sampul jenis hard cover, namun jenis kertas di bagian isi pada kedua versi buku ini berbeda. Kertas jenis art paper yang digunakan pada buku versi lama, enggak digunakan lagi pada buku versi baru. Jadi, buku versi barunya menggunakan kertas HVS.

Keempat, ilustrasinya. Ilustrator pada buku Seri Kisah Al-Quran Pertamaku versi lama yaitu Alie Fachri bersama Erry Gusnadin dan Indra J. Kesannya lebih ceria dengan pilihan warna-warna terang. Sedangkan ilustrator pada buku My First Qur'an Story versi baru yaitu Rizqia Sadida. Ilustrasinya berupa lukisan dengan pilihan warna yang lebih lembut.

my first quran story
Bagi saya pribadi sih, buku My First Qur'an Story versi yang baru ini lebih menarik. Jav juga begitu. Kalau diminta untuk memilih, dia lebih senang dibacakan kisah para nabi dari buku versi yang baru. 


4 comments: