Thursday, July 20, 2017

Blogtour + Giveaway: Erstwhile - Persekutuan Sang Waktu


Erstwhile - Persekutuan Sang Waktu

Detail Buku
Judul: Erstwhile - Persekutuan Sang Waktu
Penulis: Rio Haminoto
Editor Cerita: Carolina Kartika Widyastuti
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama - M&C
Cetakan: pertama, 2017
Tebal: 368 halaman
ISBN: 9786024284855

Dibaca
15-17 Juli 2017

Review
Cerita dibuka dengan prolog tentang persiapan lelang yang diselenggarakan oleh Balai Lelang Christie's di New York. Objeknya yaitu beberapa lembar papirus, daun lontar, dan daluwang abad XIV yang ditemukan di pasar barang tua Saint Queen Paris. Lembaran-lembaran tersebut berisi jawaban atas asal-usul, tempat kelahiran dan kematian Mahapatih Amangkubumi Gajah Mada.

Kisah ini kemudian dimulai dengan latar Kota Florentia tahun 1300 M. Menggunakan sudut pandang orang pertama, tokoh utama novel ini, Picaro Donevanto--anak seorang pedagang besar Florentia--menceritakan asal mula kepindahan dia dan keluarganya ke Paris ketika umurnya 12 tahun.

Dia tidak pernah menikmati hari-harinya di Paris. Hingga suatu hari, Tuan Dubois--dosennya di Sorbone--membuatnya bersemangat karena telah memberinya buku yang menceritakan perjalanan Tuan Marco Polo ke Cathay (Cina).

Dan, melengkapi kebahagiaannya, hari itu juga dia bisa berkenalan dengan wanita yang selama ini hanya bisa dipandanginya dari belakang setiap Perayaan Ekaristi di Notre Dame. Namanya Solene de Morency. Sejak saat itu, Solene membantu Picaro menerjemahkan isi buku perjalanan Marco Polo.
"Aku ingin melihat dunia yang dilihat Tuan Marco Polo!" kata Solene dengan mata berbinar setelah satu tahun lebih kami menggenggam bersama catatan perjalanan Tuan Polo itu. Seketika itu juga aku menjawab, "Kita pergi besok ke Konstantinopel! Dari sana kita akan menuju Cathay!"
(Halaman 69)
Namun Solene tidak bisa melakukannya karena dia akan menikah dengan orang lain. Ayah Solene memiliki utang yang akan diselesaikan keluarga calon suami Solene. 
Solene berkata lagi, "Untuk segala yang tak akan pernah kulihat dan kuketahui, jadilah mata dan hatiku di tempat-tempat itu!" Kuresapi kalimat itu. Seakan setiap huruf terpatri di gendang telingaku menuju jantung dan membaur dalam darahku.
(Halaman 77)
Maka, pada usianya yang ke-18, Picaro bersiap di pelabuhan kota Marseille untuk berangkat menuju Jerusalem. Di Jerusalem dia bertemu dengan Tariq dan Kingsley. Lalu bersama pendeta Budha di Kerman, mereka berangkat menuju Srivijaya.

Pertemuannya dengan pedagang dari Cathay, Tuan Liem dan anaknya, membuatnya berubah pikiran. Mereka menunda perjalanan ke Cathay dan pergi ke Majapahit dengan harapan dapat menguasai perdagangan di Selat Sunda dan Selat Malaka. Karena itulah Picaro akhirnya bisa berhubungan dekat dengan anggota Kerajaan Majapahit dan bersahabat dengan Mahapatih Gajah Mada.

Di antara paparan panjang cerita sejarah yang menjadi latar novel ini, melalui sudut pandang orang ketiga, pembaca juga diajak untuk mengenal Raphael Harijono (Rafa) yang hidup di masa kini. Dia adalah seorang pengusaha Indonesia yang memiliki kegemaran berburu benda-benda sejarah untuk diserahkan ke Museum Nasional Jakarta.

Dalam usahanya memenangkan lelang naskah papirus dari abad ke-14, Rafa bertemu dengan Nyonya Magalie Vaillant, seorang wanita misterius yang sangat mengenal karakter Rafa.
"Jiwa kita berdua bukan tidak saling mengenal walau kita baru bertemu sekarang di kehidupan ini. Takdir telah menyatukan kita lagi pada hari ini!" kata Nyonya Vaillant.
(Halaman 83)
Buku ini memang cukup tebal. Namun temanya yang menarik membuat saya penasaran untuk terus menyelesaikannya hingga akhir. Perpaduan antara sejarah, kisah cinta, dan persekutuan waktu dalam novel ini memberikan pengalaman membaca yang berbeda dan menyenangkan.

Giveaway
Apakah teman-teman ingin mengetahui bagaimana akhir kisah Picaro dan Rafa ini? Apa hubungan antara Picaro, Rafa, dan Nyonya Vaillant? Siapa sebenarnya Mahapatih Gajah Mada? Baca sendiri ya biar seru. Ada satu buku Erstwhile - Persekutuan Sang Waktu dari penerbitnya untuk satu orang yang beruntung nih.

Persyaratannya mudah kok.
  • Tinggal di wilayah NKRI.
  • Like Fanpage Koloni atau follow Instagram @kolonipublishers 
  • Like Fanpage Nathalia Punya Cerita atau follow Instagram @sweetdonath (tidak wajib).
  • Share link blogtour dan giveaway ini di medial sosial serta cantumkan hashtag #GiveawayErstwhile dan mention akun di atas.
  • Menjawab pertanyaan berikut: 
Seandainya bisa bertemu dan berteman dengan tokoh sejarah, teman-teman ingin bertemu dan berteman dengan siapa? Sebutkan alasannya ya....
  • Jawaban ditulis melalui komentar pada postingan ini dengan format:
Jawaban:
Nama:
Akun Facebook:
Akun Instagram:
Link Share:
  • Giveaway berlangsung pada tanggal 20-26 Juli 2017. 
  • Pemenang akan diumumkan paling lambat pada tanggal 30 Juli 2017.

Yuk! Ikutan dan ajak teman-teman yang lain oke :)

Erstwhile - Persekutuan Sang Waktu

14 comments:

  1. Saya ingin bertemu dan berteman dengan Raja Sunda Prabu Siliwangi, saya penasaran soalnya kok bisa sih sisa-sisa kerajaan Sunda sangat sedikit baik dari peninggalan bangunan dan literaturnya, jarang banget kan buku sejarah Sunda di Toko buku bahkan di Museum Kebudayaan Sunda sekalipun seolah masih menjadi puzzle misteri bagi saya hehe. Makanya kalau bisa jadi teman Prabu Siliwangi, saya mau menawarkan jadi Arsitek kerajaan supaya Kerajaannya kokoh dan juga artistik sehingga kalau ada perang, tidak mudah dihancurkan hihi.

    Nama: Sandra Hamidah
    Facebook : Sandra Hamidah
    Instagram: @art_sense
    Link share: https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/887912556391563265

    ReplyDelete
  2. jawaban :

    ingin bertemu soekarno , saya ingin mendengar kisah soekarno dari kecil - remaja - dewasa secara langsung , ingin meminta ilmu supaya bisa lantang berpidato dan ingin tahu supaya bisa berteman/bersahabat dengan baik dengan semua orang.

    nama : teddy pratama
    twitter : @ivtedy
    link share : https://mobile.twitter.com/ivtedy/status/888363067481890816

    ReplyDelete
  3. Saya ingin bertemu dengan Jenderal Soedirman. Pengen denger ceritanya waktu jaman perang dulu, dan strategi perang yg beliau pakai waktu itu. Kayanya seru aja ngedenger cerita jaman perang, bikin degdegan sekaligus bangga sama pahlawan - pahlawan yang rela mengorbankan nyawa demi Negara dan Bangsanya.


    Nama : Firda Winandini Fauziah
    Twitter : @firdawinandini
    Link share : https://twitter.com/firdawinandini/status/888683542649085952

    ReplyDelete
  4. Pengen ketemu Nabi Muhammad ;)

    ReplyDelete
  5. Setuju dengan Uni.
    Ingin bertemu dengan Rasulullah sholallahu `alaihi wassalam.

    Karena beliau lah tokoh yang sangat berpengaruh sepanjang jaman. Dan hingga saat ini, masih banyak orang yang mencari celah keburukan beliau, namun berakhir pada masuk Islam dan mengimani ajaranNya.


    Nama: Lendy Kurnia Reny
    Akun Facebook: Lendy Mut
    Akun Instagram: @bacaanlendyagasshi

    Link Share:
    https://www.instagram.com/p/BW8G4iMgycV/?r=wa1

    ReplyDelete
  6. jawaban:
    aku sangat ingin bertemu salah satu bapak proklamator kita, Ir. Soekarno. kenapa? karena aku suka semangatnya. aku suka dia membakar api semangat bangsa kita untuk berjuang memerdekakan bangsa kita ini. aku suka juga keteguhan hatinya dalam tujuannya untuk memerdekakan negara ini, beliau tidak butuh bantuan negara lain/diberikan kemerdekaan secara gratis. karena menurut beliau, harga diri NKRI adalah harga mati. tapi sungguh disayangkan penerus bangsa yg sekarang~

    nama: devira belin
    akun facebook: vir
    akun instagram: @virscnd
    link share: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1247567702021445&id=100003046810181

    ReplyDelete
  7. Saya juga ingin ketemu dengan Nabi Muhammad SAW. Alasannya terkesan klise sih, tapi yeah memang beliau adalah suri tauladan yang terbaik di dunia. Meskipun membayangkan ketemu dengan tokoh sejarah seperti beliau kok ujung2nya kayak imajinasi liar begitu. Beliau adalah pemimpin umat yang pengaruhnya tetap ada sekalipun telah berabad2 wafat. Sekaligus tokoh yang menurut saya paling dicintai di dunia.


    Nama : Putri Septyaningsih
    akun facebook : Putri Septyaningsih
    akun instagram : @septy14652

    https://www.facebook.com/putri.septyaningsih?hc_ref=ARRctd_tVvVH-w-yIqOlXKNxUUuHHwKxh1F3aI4yFV3OL6OU9t3wF8P2MgpOz0Qy4p8&fref=nf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss!!
      kirain cuma saya aja *PEDE*, ternyata ada juga *BANYAK* yang pengen ketemu nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam :)

      Delete
  8. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun Facebook: Bety Kusumawardhani
    Link: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/889855305672048642?p=v

    Aku ingin bertemu R.A Kartini karena aku ingin menunjukkan pada beliau bahwa perjuangan emansipasinya telah berhasil sekarang di negeri ini. Perempuan bisa bebas bersekolah setinggi-tingginya, perempuan bisa bekerja, perempuan bisa menjadi seorang pemimpin, perempuan tidak lagi dipingit keluarganya, perempuan mempunyai hak yg sama dengan laki-laki. Aku juga ingin belajar bahasa Belanda dan belajar menulis surat dari beliau. Dari buku yg aku baca dan film sejarah yg aku tonton, beliau itu orangnya asyik diajak berteman terbukti dari pergaulannya yg luas meskipun komunikasi hanya lewat surat karena sedang dipingit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman sekarang klo masih surat suratan kayak gitu keren ya.. :D hehe

      Delete
  9. Ingin bertemu dan berteman dengan Muhammad Salallahu alaihi wassalam. Betapa beruntungnya bisa mempelajari dan menjalankan kehidupan secara langsung dengan ahlinya, seseorang yang sering saya dengar dari ustadz, guru, orangtua, maupun yang saya baca dalam kitab dan buku. Salah satu yang saya kagumi dari beliau adalah bisa membawa perdamaian di jazirah Arab, yang tadinya jahiliyah menjadi tentram meskipun penduduknya dari berbagai suku dan agama.


    R.Zunanto
    Facebook : Zant
    Link : https://www.facebook.com/zantzantzant
    Instagram : -

    ReplyDelete
  10. Sukses mbak hehe, aku kelewat giveawaynya :D

    ReplyDelete
  11. Waaah udah kelewat, sukses yaa GA-nya

    ReplyDelete